Sunday, January 26, 2014

Gempa yang bersumber di Jawa Tengah, diklaim terasa getarannya hingga beberapa titik di luar provinsi termasuk hingga Jawa Barat.

Posted by Blogger Name. Category: , ,

Gempa yang bersumber di Jawa Tengah, diklaim terasa getarannya hingga beberapa titik di luar provinsi termasuk hingga Jawa Barat.
Badan Meteorologi dan Geofisika menyatakan gempa berkekuatan 6,5 pada Skala Richter itu berasal dari di barat daya Kebumen, Jawa Tengah dengan kedalaman 48 kilometer sekitar pukul 12.14 WIB.
Gempa tidak berpotensi tsunami namun tak urung sempat memicu kepanikan warga yang merasakan goncangannya.
"Tadi lampu goyang semua, begitu pula meja dan perabot agak bergeser tidak tahunya gempa," kata Heru Setiyono yang sedang berjaga di RSUD Kebumen, kepada Dewi Safitri dari BBC.
Setelah sempat berhamburan ke luar gedung, Heru dan kawan-kawan akhirnya masuk kembali dan bekerja seperti biasa.
"DibandingkanKlik (gempa) Jogja (tahun 2006) dulu, ya ini masih kalah jauh kerasnya," tambahnya santai.

'Bikin pusing'

Di Wates yang berjarak sekitar 100km dari Kebumen, guncangan juga terasa cukup kencang.
"Tadi kita langsung pada lari keluar dari kantor, Alhamdulillah tidak ada kerusakan," kata Ajun Komisaris Dua (Pol) Sudibyo yang sedang bertugas jaga di Polres Wates.
Informasi dari sejumlah pembaca BBC Indonesia menyebut gempa turut dirasakan guncangannya di Jogja, Magelang, Solo, Kudus, Brebes, Tegal, selain di Kebumen sendiri.
Ella Akmal Ali Al-hanif menulis di halaman komentar Facebook BBC: "Saya dari Kebumen Lumayan kencang dan bikin pusing kepala".
Sementara Herman Zamani yang berada di Kawasan Monumen Jogja Kembali menulis jamaah shalat Dzuhur di masjid setempat bubar karena gempa.
".. diriku dan jama'ah masjid muqorobin setelah sholat dhuhur dan waktu do'a.. (goyangan getaranya..) para jama'ah pun lomba lari keluar masjid...".
Di luar Jawa Tengah getaran dilaporan dirasakan pula di Cilacap, Pangandaran, Sumedang, Subang dan Bogor di Jawa Barat.
Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Alexa Rank

Total Pageviews